WELCOME TO MY BLOG.....

Fithri Rahmatiah (Phiting)

Rabu, 10 Oktober 2012

Tugas 2 Ilmu Sosial Dasar

Tuliskan tentang tawuran
Tawuran kata tersebut kini mulai sering muncul di berbagai media cetak, media elektronik dan bahkan menjadi perbincangan hangat masyarkat. Tawuran kini kembali terjadi dan menewaskan beberapa orang dari beberapa sekolah. Ironisnya salah satu tersangka tawuran merasa puas bisa membunuh temannya sendiri. Untuk kalangan pelajar tawuran mungkin sudah menjadi tren untuk mereka, karena kalau mereka tidak ikut tawuran akan dianggap penakut dan diremehkan. Harusnya mereka lebih memikirkan keselamatan diri sendiri, orang lain dan kenyamanan masyarakat sekitar dari pada sebuah prestige. 
 Siapa saja yang terlibat ?
 Ternyata tidak hanya para pelajar saja yang ikut terlibat, orang dewasa pun juga sering terlibat tawuran.
  Faktor-faktor penyebab tawuran
Ketidakmampuan/kurang mampunya beradaptasi dengan lingkungan sosial yang kompleks menimbulkan tekanan pada setiap orang. Terutama pada remaja yang mentalnya masih labil dan masih dalam pencarian jati diri dan tujuan hidup. Saat tidak mampu beradaptasi, rasa putus asa, menyalahkan orang lain dan memilih cara instan untuk memecahkan persoalan membuat rasa frustasi semakin mengendalikan emosi pelajar yang labil. Ketidakpekaan terhadap perasaan sesamanya mengakibatkan pelajar tega menganiaya hingga membunuh sesamanya. Sebenarnya, dalam diri mereka butuhpengakuan.
  Solusi 
Mengajak para pelajar untuk mengisi waktu kosong mereka dengan mengikutu kegiatan-kegiatan yang positif seperti mengikuti ekstrakulikuler. Memperkuat kehidupan beragama dengan lebih meningkatkan nilai moral yang terkandung dalam agama dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar