Pendahuluan
CBIS ( Computer Base Information System) atau system informasi berbasis computer merupakan system pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer. Berikut penjelasan masing-masing istilah tersebut.
Data
Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan yang nyata yang nantinya akan di gunakan sebagai bahan suatu informasi.
Informasi
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang menggambarkan suatu kejadian dan berguna bagi yang menerimanya juga digunakan sebagai sarana pengambilan keputusan.
System
System merupakan entitas,baik abstrak maupun nyata dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait.
System informasi
System informasi merupakan pembangkit dari informasi.dengan integrasi yang dimilikinya , system informasi akan menyediakan informasi bermanfaat , tepat, akurat, cepat sesuai manjemen yang di butuhkan.
Berbasis computer
System informasi “berbasis computer” memiliki pengertian bahwa computer memilik peranan penting dalam sebuah system informasi.secara teori ,penerapan sebuah system informasi memang tidak harus menggunakan computer dalam kegiatannya . tetapi dlam prakteknya tidak mungkin system informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan sendirinya tanpa bantuan computer. Sistem informasi yang akurat pada kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer based”.
Kontribusi CBIS
Saat ini system informasi merupakan kontribusi yang penting dalam suatu pengendalian manajemen. Hal ini disebabkan karena dari pengendalian manajemen adalah untuk membantu manajemen dalam mengkontribusi dari sub unit-sub unit dan mengarahkan bagian-bagian tersebut untuk mencapai yujuan perusahaan.
Manfaat utama dari perkembangan system informasi bagi system pengendalian manajemen adalah :
Penghematan waktu (time saving)
Penghematan biaya ( cost saving )
Peningkatan efektivitas
Pengembangan teknologi
Pengembangan personel akuntansi.
Dalam sejarahnya system informasi manajemen memiliki perjalanan serta tahapan-tahapan perkembangan sehingga terciptalah system pendukung informasi .
Berikut adalah perjalanan dari Sistem Informasi Manajemen :
Fokus Awal pada Data
Selama paruh abad 20, perusahaan pada umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manager. Pada fase ini penggunaan computer hanya digunakan untuk aplikasi akuntansi.
Nama aplikasi akuntansi pada awalnya adalah Pengolahan Data Elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Sistem Informasi Akuntansi.
Fokus Baru Pada Informasi
Pada tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan computer. Konsep penggunaan computer sebagai SIM dipromosikan oleh pembuat computer untuk mndukung peralatan baru tersebut.
Konsep Sim menyadari bahwa aplikasi harus diterapkan untuk tujuan utama untuk menghasilkan informasi manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar.
Fokus Revisi Pada Pendukung Keputusan
System pendukung keputusan dessicion support system (DSS) adalah system informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus di buat oleh manajer.
Spesifikasi DSS :
1. Berfokus pada proses keputusan daripada proses transaksi.
Subsistem dari Sistem Informasi Berbasis Komputer – CBIS
Sistem informasi Manajemen ( SIA )
System informasi akuntasi melaksanakan kegiatan akuntansi perusahaan,aplikasi ini di tandai dengan pengolahan data yang tinggi.
SIA melakukan 4 tugas dasar yaitu :
Pengumpulan data
Manipulasi data
Pengklasifikasian,penyortiran,perhitungan,pengikhtisaran, penyimpanan dokumen.
Penyimpanan data
Penyiapan data.
Karakteristik SIA
5 karakteristik pengolahan data yang membedakan SIA dengan subsistem CBIS :
Melaksanakan tugas yang di perlukan
Berpegang pada prosedur yang relative besar
Menangani data yang terinci
Terutama berfokus historis
Menyediakan informasi pemecahan masalah yang maksimal.
Sistem Informasi Manajemen ( SIM )
Definisi
System berbasis computer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa.( Raymond mcLeot,jr)
Integrasi manusia/mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen dan pengambilan keputusan ( Gordon B. Davis )
Elemen – elemen SIM :
Hardware
Software
Procedure
Database
Model
Tujuan SIM
Memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan .
Sistem Penunjang Keputusan ( SPK )
Sistem computer yang interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam mengguanakan dan memanfaatkan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
Tujuan
Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusn masalah ang semi atau tidak terstruktur.
Memberikan dukungan keputusan kepada manajer pada semua tingkat untuk membantu integrasi tingkat.
Meningkatkan efekivitas manajer dalam pembuatan keputusan dan bukan peningkatan efisiensinya.
Karakter SPK :
1. Adaptability
2. Flexibility
3. User friendly
4. Support intelligence
5. Design
6. Choice
7. Effectiveness
3 tingkatan teknologi SPK :
Specific DSS
Merupkan hardware/software yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang pengambilan keputusan melakukan analitik terhadap suatu masalah tertentu.
DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat spesifik DSS
DSS TOOLS
Suatu hardware/software yang membantu pembuatan spesifik DSS dan DSS generator.
Sistem Pakar
Subset dari artificial intelligence yang memiliki potensi untuk memperluas kemampuan pemecahan masalah manager melebihi kemampuan normalnya.
Sistem pakar adalah program computer yang mewakili pengetahuan dari pakar-pakar manusia dalam bentuk heuristic.
4 bagian utama dalam system pakar :
User interface
Knowledge base
Inference engine
Development engine
Sistem Pakar VS DSS(Decisison support System)
Sistem pakar : menawarkan kesempatan untuk membuat keputusan yang lebih dari pengetahuan manajer.
DSS : terdiri dari routine yang mencerminkan cara yang diyakini manajer untuk memecahkan masalah.
REFERENSI :
http://v318.wordpress.com/2008/05/30/cbis-computer-based-information-system/
lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9101/minggu11_12.pdf
http://vildasi08d.blogspot.com/2008/11/evolusi-sistem-informasi-berbasis.html
http://ilmukomputer.org/2008/11/25/computer-based-information-system-cbis/
http://yulieee.wordpress.com/2009/11/15/evolusi-sistem-informasi-manajemen/
http://li3zn4-lisna.blogspot.com/2009/04/perkembangan-sistem-informasi-berbasis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar