WELCOME TO MY BLOG.....

Fithri Rahmatiah (Phiting)

Minggu, 24 Oktober 2010

E-Commerce dan Perkembangannya di Indonesia

Pendahuluan
Electronic Commerce(e-commerce) di definisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk,jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Tinjauan Pustaka
Menurut Kalakota dan Whinston mendefinisikan e-commerce dari berbagai perspektif yaitu :
1. Dari perspektif komunikasi, e-commerce adalah pengiriman informasi,jasa/produk, atau pembayaran melalui tjaringan telepon atau jaringan komunikasi lainya.
2. Dari perspektif pelayanan, e-commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
3. Dari perspektif bisnis, e-commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow.
4. Dari perspektif online, e-commerce adalah menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta member informasi melalui internet atau jaringan komunikasi lainnya.
Selanjutnya Yuan gao dalam Encyclopedia of information science and technology(2005) , menyatakan e-commerce adalah penggunaan jaringan computer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transaksi komersial . Kemudian di dalam website E-commerce Net, eE-commerce di definisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan atau jasa melalui internet.
Pembahasan
E-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner elektronik dipakai dengan tujuan untuk promosi dan periklananan di suatu halaman web . Menurut Riset Forrester , perdagangan elektronik menghasilkan penjualan u$12,2 miliar pada tahun 2003.
Karakteristik E-commerce :
1. Terjadinya transaksi antara 2 belah pihak.
2. Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi.
3. Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.
E-commerce memiliki beberapa jenis :
• Business to business (B2B)
Bisnis atara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya.
• Business to Consumer
Retail, sifatnya melayani pelanggan.
• Consumer to Consumer(C2C)
Sifatnya lelang.
• Governmet (G2G,G2B,G2C)
Merupakan layanan terhadap perusahaan untuk peluang bisnis hingga melayani masyarakat.
Manfaat E-commerce :
 Revenue stream baru
 Market exposure,melebarkan jangkauan .
 Menurunkan biaya.
 Memperpendek waktu produk cycle
 Meningkatkan customer loyalty.
 Meningkatkan value lain.
Perkembangan E-commerce di Indonesia sendiri sudaha ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya dvyacom interbumi atau D-Net (www.dnet.id) sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa Mall onlineyang disebut D-Mall ini telah merampungkan sekitar 33 toko online . Produk yang dijual bermacam-macam mulai dari mkanan, aksesoris, pakaian, alat perkantoran, sampai furniture. Selain itu berdiri pula www.ecommerce-indonsia.com ,tempat penjualan online berbasis internet yang memilik fasilitas yang lengkap .
Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.
Sesungguhnya e-commerce merupakan bisnis yang dapat dijanjikan di Indonesia. mengngat potensi jumlah masyarakat yang besar dan jangkauan wilayah yang sangat luas.Hal ini didukung oleh factor sebagai berikiut :
1. Akses internet murah dan cepat,yang akan meningkatkan jumlah pemakai internet.
2. Dukungan dari sector perbankan yang menyediakan fasilitas internet bangking maupun sms banking yang akan memepercepat transaksi.
3. Biaya web hosting yang semakin murah.
4. Semakin mudahnya membangun e-commerce yang didukung dengan adanya software open source .
Kendalanya adalah factor daya beli masyarakat yang masih rendah, infrastruktur komunikasi yang masih belum merata serta tingkat kepercayaan masyarakat kita terhadap keamanan dan keandalan bertransaksi di internet sehingga e-commerce tidak begitu populer.
Peluang dan Solusi dari E-commerce
E-commerce merupakan peluang usaha yang besar bagi para pengusaha, khusunya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional. Oleh karena itu dperlukannya upaya untuk :
a) Sosialisasi dan edukasi pasar e-commerce Indonesia.
b) Penyiapan infrastruktur fisik yang mendukung aplikasi E-commerce.
c) Penyiapan regulasi yang kondusif bagi E-commerce.
d) Peningkatan kualitas produk nasional agar dapat memenuhi standar international dalam menembus pasar global.
Alernatif Implementasi dan Teknologi E-commerce
 Out sourcing (web developer)
 Pengembangan swadaya.
 Zen cart.
 Php shop.
Kelebihan E-Commerce :
 Jangkauan lebih luas (dunia). Tanpa batas-batas wilayah dan waktu.
Penghematan sumber daya:
Ruang untuk toko (fisik) dan SDM
Availabilitas :Buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Tidak mengenal hari libur, dan hari besar
Skalabilitas:Dapat diperluas atau diperbanyak item barang tanpa batasan.
No Tax
Konsumen memperoleh informasi yang beragam dan mendetail.
Melalui internet konsumen dapat memperoleh aneka informasi barang dan jasa dari berbagai toko dalam berbagai variasi merek lengkap dengan spesifikasi harga, cara pembayaran, cara pengiriman
Disintermediation adalah proses meniadakan calo dan pedagang perantara.

Kelemahan E-Commerce
 Isu security
Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.
Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
No cash payment.
Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.
Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.

Refrensi :
http://www.balinter.net/news_184_Pengertian_E-commerce_dan_Teknologi_Informasihtml
http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/
http://www.sentralweb.com/
• www.cert.or.id/~budi/presentations/e-commerce-indonesia.ppt Anggraeni Srihartati0905017012
http://blog.ub.ac.id/doniiifirdana/2010/03/11/perkembangan-e-commerce/
http://www.resep.web.id/bisnis-keuangan/perdagangan-elektronik-e-commerce-perkembangan-dan-prospeknya-di-indonesia.htm
http://www.indoshopguide.com/index.php/artikel/18-prospek-e-commerce-di-indonesia.html
http://yatno.info/index.php?option=com_content&view=article&id=21:perkembangan-e-commerce-di-indonesia&catid=10:e-commerce&Itemid=15&lang=en
http://www.matabumi.com/cerita/perkembangan-e-commerce-di-indonesia
miftah.staff.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar