WELCOME TO MY BLOG.....

Fithri Rahmatiah (Phiting)

Selasa, 30 November 2010

KONSEP DATA MENCAKUP HIRARKI DATA, PENYIMPANAN DAN PENGAKSESAN DATA,PEMROSESAN DATA, PERANAN DATABASE DAN DBMS

A. Pendahuluan
Basis data adalah kumpulan file yang saling berelasi dan diorganisasi pada suatu media penyimpanan. Seperti dikatakan semula, bit adalah data, field adalah data, sedangkan kata “data” di dalam komputer harus disebutkan secara spesifik, maka basis data adalah kumpulan file. File terdiri atas berbagai klasifikasi, ada master file, transaction file, report file, work file, program file, dump file, library file, history file, dan sebagainya.
Data Base Management System (DBMS) merupakan paket program(software) yang dibuat agar memudahkan dan mengefisienkan pemasukkan, pengeditan, penghapusan dan pengambilan informasi terhadap database.
B. Pembahasan
I. Hirarki Data
Dalam mengorganisasikan data dikenal istilah hirarki data yaitu elemen data(field) , record dan file.
Yang dimaksud dengan elemen data adalah unit data terkecilo yang tidak dapat dibagi lagi menjadi unit yang berarti.
Record merupakan hirarki setingkat lebih tinggi dari elemen data. Satu record terdiri dari semua elemen data yang berhubungan dengan objek atau kegiatan tertentu. Semua record sejenis disusun menjadi satu file. File adalah kumpulan record data yang berhubungan dengan subyek tertentu.
II. Penyimpanan Sekunder
Metode penyimpanan terdiri dari 2 ,yaitu penyimpanan berurutan dan penyimpanan akses langsung .
Penyimpanan berurutan, adalah suatu organisasi atau penyususunan data di suatumedium penyimpanan yang terdiri dari satu record mengikuti satu record lain dalam suatu urutan tertentu.. sebagian media penyimpanan komputer hanya dapat memproses data yang disusun secara berurutan. Contohnya yaitu Pita magnetic.
Penyimpanan akses langsung (direct access strorage). Adalah suatu cara mengorganisasikan data yang memungkinkan record-record ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan. DASD (direct access strorage device), unit perangkat keras yang memungkinkan penyimpanan secara akses langsung , alat ini memiliki mekanisme membaca dan menulis langsung yang dapat diarahkan ke lokasi manapun dalam medium penyimpanan, piringan magnetik, floopy disk , hard disk dan compact disk.

III. Pemyimpanan dengan Pemrosesan Data
Ada dua cara dalam mengolah data. Pengolahan batch dan pengolahan on-line. Pengolahan batch mencakup pengumpulan semua transaksi dan pemrosesan sekaligus, dalam batch. Pengolahan on-line mencakup pengolahan transaksi satu persatu.
Pengolahan Batch dapat dilaksanakan dengan menggunakan media penyimpanan berurutan atau akses langsung. Kelemahan sistem ini adalah kenyataan bahwa file baru menjadi mutakir setelah dilakukan siklus harian. Ini berarti manajemen tidak selalu memiliki informasi paling mutakir yang menggambarkan sistem fisik.
Pengolahan on-line memerlukan akses langsung, dikembangkanuntuk mengatasi file yang ketinggalan jaman. Terobosan teknologi yang memungkinkan pengolahan on-line adalah penyimpanan piringan magnetik.
Sistem real-time adalah suatu sistem yang mengendalikan sistim fisik. Sistem ini mengharuskan komputer merespons dengan cepat pada status sistem fisik. Istilah realtime digunakan untuk menggambarkan sistem on-line yang bereaksi pada kegiatan sistem fisik secara cukup cepat sehingga dapat mengendalikan sistem itu. Sistem ini adalah bentuk khusus dari sistem on-line yang diperluas kemampuannya dengan menggunakan sumber daya konseptual untuk menentukan operasi dari sistem fisik.
IV. Peranan Database dengan DBMS
DBMS memungkinkan untuk menciptakan database dalam penyimpanan akses langsung komputer memelihara isinya dan menyediakan isi tersebut bagi pemakai tanpa pemrograman khusus yang mahal.
Keuntungan DBMS :
a. Mengurangi pengulangan data.
b. Mencapai independensi data.
c. Mengintegrasikan data dari beberapa file.
d. Mengambil data dan informasi secara cepat.
e. Meningkatkan keamanan.

Kerugian DBMS :
a. Memperoleh perangkat lunak yang mahal.
b. Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar.
c. Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA.

Database terkomputerisasi maupun DBMS bukanlah prasyarat mutlak untuk pemecahan masalah. Namun mereka memberikan dasar-dasar penggunaan komputer sebagai suatu sistem informasi bagi para spesialis informasi dan pemakai.


SUMBER :

http://harymulyadi.files.wordpress.com/2010/02/memahami-konsep-database.pdf
http://deje.wordpress.com/2007/06/13/konsep-basis-data/
http://www.docstoc.com/docs/4205500/KONSEP-DATABASE
widyo.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../Modul_ke_10_sim_PTIK.doc
rizablog89.blogspot.com/2010/10/konsep-database.html
ebook.stmik-abg.ac.id/BasisData/Handout%20Database.doc
www.scribd.com/doc/26514547/Konsep-Database
aprilia180490.wordpress.com/2009/11/04/database/
http://nurulfajarini.blogspot.com/2010/05/database_19.html
http://yemimaidea-41207373.blogspot.com/2009/12/database.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar