WELCOME TO MY BLOG.....

Fithri Rahmatiah (Phiting)

Senin, 02 Januari 2012

4.1. MYOB

Semakin berkembangnya dunia teknologi, maka semakin banyak perusahaan-perusahaan menuntut para pekerjanya untuk bisa menguasai teknologi. Oleh sebab itu perusahaan dituntut untuk memiliki software dan hardware yang dapat mendukung kerja daripara pekerjanya. Begitu juga dengan perusahaan dalam bidang akuntansi, kini banyak sekali software yang dapat digunakan dalam bidang akuntansi, misalkan Zahir, MYOB, dll.
Salah satu yang dapat kita gunakan adalah software MYOB . beberapa produk release terakhir yang dijual untuk wilayah asia yang dapat digunakan untuk para pengguna di Indonesia.
MYOB memiliki beberapa modul, berikut penjelasan tentang penggunaan modul-modul tersebut :
1. Account
Account digunakan untuk pengelolaan account-account perusahaan , baik account rugi laba maupun account neraca, pencatatan jurnal umum, dan pencatatan budget perusahaan.
2. Banking
Digunakan untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran uang perusahaan yang tidak terkait dengan kegiatan pembelian dan penjualan.
3. Sales
Digunakan untuk memaintain transaksi yang berkaitan dengan penjualan yang dilakukan perusahaan
4. Time Billing
Digunakan untuk mengelola kegiatan penjualan yang berkaitan dengan waktu
5. Pembelian
Digunakan untuk memaintain transaksi yang berkaitan dengan pembelian yang dilakukan perusahaan
6. Persediaan
Diguakan untuk mengelola informasi yang berkaitan dengan item persediaan, seperti jenis barang, informasi pembelian dan penjualan, informasi asal barang, dan segala informasi yang berhubungan dengan persediaan barang. Serta untuk mengelola perpindahan persediaan barang dari lokasi yang satu ke lokasi yang lainnya.
7. Card File
Digunakan untuk mengelola informasi yang berkaitan dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan seperti supplier, vendor , karyawan maupun personal.

Keuntungan dari MYOB :
• Kemudahan dalam penggunaanya
• Accounting Power, sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan sotware ini cukup dapat diandalkan.
• Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek
• Proses instalansi dan maintenance yang murah
• Tenaga kerja yang paham dengan MYOB sudah cukup banyak
• Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan
• Nilai investasi yang relatif murah
• Jangka waktu implementasi yang relatif murah
Kelemahan MYOB :
• Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
• MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya
• Tidak ada modul fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi.
• Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyansi relatif sulit dikelola MYOB


sumber : http://www.anneahira.com/artikel-umum/myob.htm

1 komentar: