WELCOME TO MY BLOG.....

Fithri Rahmatiah (Phiting)

Rabu, 14 April 2010

TUGAS 5

NAMA : FITHRI RAHMATIAH (30109683)

TUGAS 5
1. Apa yang anda ketahui tentang konflik jelaskan pendapat saudara ?
2. Apa yang menyebabkan timbulnya konflik diantar kelompok ? jelaskan!
3. Mengapa orang berpndapat bahwa pertentangan kelompok itu bersifat negative?jelaskan!
4. Menurut jenisnya konflik ada 4 yaitu: personal role conflict, inter role conflict, intersender conflict, intrasender conflict. Berikan masing-masing contohnya sesuai dengan konflik yang pernah anda alami atau yang pernah anda lihat?
5. Mengapa hidup ini harus ada konflik?jelaskan pendapat saudara!

JAWAB :
1. Menurut saya konflik adalah suatu perbedaan/pertentangan yang muncul di tengah kelompok atau di dalam diri kita sendiri.
2. Yang menyebakan timbulnya konflik diantara kelompok biasanya karena adanya perbedaan pendapat yang sangat mencolok, dan tidak ada satu anggota pun yang mau mengalah atau mencari solusinya. Selain itu kurang baiknya komunikasi yang berjalan di dalam kelompok atau organisasi tersebut , sehingga akan munculnya suatu kesalah pahaman yang bisa mengakibatkan konflik.
3. Menurut saya , karena apabila dalam suatu organisasi atau kelompok muncul suatu konflik, dan tidak penyelesainnya, maka organisasi atau kelompok tersebut akan terancam buabar, atau terpecah menjadi bagian yang pro atau kontra. Hal seperti itu lah yang bisa berdampak negative, karena perpecahan bukanlah solusi untuk menyelesaikan suatu konflik di dalam kelompok atau organisasi.
4. Menurut jenisnya konflik di bagi menjadi 4 yaitu :
• Konflik peranan yang terjadi di dalam diri seseorang (person role conflict).
Contohnya : Konflik dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi, Orang tua menekan untuk masuk jurusan ilmu komunikasi, sedangkan kita sebagai anak ingin memilih jurusan sastra, kedua saling mempertahankan pendapat masinh-masing, sehingga muncul konflik.
• Konflik antar peranan (inter-role conflict), yaitu persoalan timbul karena satu orang menjabat dua atau lebih fungsi yang saling bertentangan.
Contohnya : Seseorang karyawan menjabat sebagai kepala bagian personalia dan kepala bagian keuangan , tetapi banyak karyawan yang menetang ia mmegang jabatan sebagai kepala bagian keuangan karena menurut mereka orang tersebut tidak menguasai bagian tersebut
• Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang (intersender conflict).
Contohnya : Seorang produsen sebuah pabrik sabun, ia harus memenuhi kebutuhan para konsumennya, terutama dalam hal kepuasan dan ia berharap semua konsumen puas dengan produksinya.. Ada beberapa konsumen yang puas dengan produksinya dan ada juga yang tidak puas.
• Konflik yang timbul karena disampaikan informasi yang saling bertentangan (interasender conflict).
• Contohnya ; adanya kesalah pahaman dalam penyampain informasi, di karenakan komunikasi yang kurang berjalan dengan baik.
5. Menurut saya tanpa adanya suatu konflik di dalam hidup kita, hidup ini akan terasa hambar, karena kita tidak bisa belajar dari setiap permaslahan yang muncul di dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar