WELCOME TO MY BLOG.....

Fithri Rahmatiah (Phiting)

Minggu, 18 April 2010

TUGAS 7

1. Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan - kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya. Setiap keputusan akan membuat pilihan terakhir, dapat berupa tindakan atau opini. Sedangkan Pengambilan keputusan adalah pemilihan diantara alternatif-alternatif mengenai sesuatu cara bertindak—adalah inti dari perencanaan. Suatu rencana dapat dikatakan tidak ada, jika tidak ada keputusan suatu sumber yang dapat dipercaya, petunjuk atau reputasi yang telah dibuat.dan pengambilan keputusan sangat penting dalam manajemen dan merupakan tugas utama dari seorang pemimpin (manajer).

2.TAHAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Menurut Simon (1960) memperkenalkan empat aktivitas dalam proses pengambilan keputusan :
1. Intelligence : Pengumpulan informasi untuk mengidentifikasikan permasalahan.
2. Design : Tahap perancangan solusi dalam bentuk alternatif2 pemecahan masalah.
3. Choice : Tahap memilih dari solusi dari alternatif2 yg disediakan.
4. Implementation : Tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.

3. Menurut saya yang paling baik adalah mengambil keputusan secara kelompok, karena akan menjauhkan dari sifat egoisme, dan semua akan terasa lebih mudah apabila mengambil keputusan secara bersama-sama, demi tercapainya musyawarah untuk mufakat.

4. * Kondisi Kepastian ( Certainty )
Para pembuat keputusan mengetahui apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang , karena terjadi informasi yang akurat, terpercaya, dan dapat diukur sebagai dasar keputusan. Dalam kasus ini , situasi di waktu mendatang adalah dapat di perkrakan dengan pasti.

* Kondisi Resiko (Risk)
Para pembuat keputusan mengetahui besar probabilitas setiap kemungkinan hasil, tetapi informasi lengkap tidak tersedia.

* Kondisi Ketidak pastian (Uncertainty)
Para pengambil keputusan tidak mengetahui besarnya probabilitas atau bahkan tidak mengetahui kemungkinan hasil-hasil ketidakpastian pada umumnya menyangkut keputusan-keputusan kritis dan paling menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar