WELCOME TO MY BLOG.....

Fithri Rahmatiah (Phiting)

Kamis, 02 Mei 2013

Pengabdian dan Tanggung Jawab Yang Sewajarnya


Dalam diri setiap manusia haruslah mempunyai rasa tanggung jawab, hal ini tentu saja sangat penting. Karena jika kita tidak memiliki rasa tanggung jawab kita akan dianggap sebagai orang yang asal-asalan dan tidak bertanggung jawab.
Rasa tanggung jawab itu dapat berupa bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang muncul akibat kesalahan dirinya sendiri. Tidak mangkir jika sudah berjanji kepada orang lain, dan selalu bertanggung jawab atas setiap ucapan yang diucapkan.
Kita boleh saja memiliki rasa pengabdian  kepada sesuatu, misalkan pengabdian kepada tempat kita kerja. Kita merasa berhutang budi kepada perusahaan tempat dimana kita kerja lalu kita ingin bias mengabdi kepada perusahaan tersebut. Tetapi pengabdian itu harus sewajarnya, tidak berlebihan. Terkadang bila kita merasa berutang budi kita rela untuk melakukan apa saja agar utang kita bias terbayarkan. Misalnya kita mau disuruh oleh atasan untuk melakukan suatu pekerjaan yang bukan semestinya kita kerjakan. Tentu saja kita boleh untuk menolak dengan maksud bukan tidak mau bertanggung jawab, tetapi kita berhak protes jika itu benar. Jadi rasa pengabdian itu boleh saja ada tetapi kia juga harus melibatkan akal sehat dan logika kita untuk tidak mau dimanfaatkan.Dan jika kita sudah memutuskan untuk mengabdi maka kita harus bertanggung jawab sepenunhya dengan langkah yang kita ambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar