WELCOME TO MY BLOG.....

Fithri Rahmatiah (Phiting)

Selasa, 23 Maret 2010

TUGAS 3 O & M

TUGAS 3 O & M

SOAL :
1. Teori organisasi terbagi 3 yaitu :
a. teori klasik
b. teori neo klasik
c. teori modern.

Buat ringkasan dari masing-masing teori organisasi tersebut dengan jelas dan rapi dan sebutkan sumber daftar pustakanya.

Teori klasik sendiri merupakan merupakan tinjauan tentang teori-teori umum dalam manajemen organisasi. Dan yang sering dikaitkan dengan sudut pandang klasikal adalah model organisasi birokratik. Teori organisasi secara sistematis baru dikembangkan pada tahun 1850 di sini timbul sesuatu pemikiran yang mempersoalkan bagaimana mengatur hubungan antara susunan organisasi itu dan mengatur cara bekerjanya sehingga dalam suatu organisasi dapat bekerja seefisien dan semaksimal mungkin. Organisasi sendiri dapat diartikan sebagai ´merencanakan bentuk umum daripada usaha dengan mengingat tujuan-tujuan usaha, cara-cara melaksanakan usaha sebagai mana bisa diramalkan “. Di dalam organisasi pasti ada sebuah tujuan yang bersifat kolektif atau pekerjaan kolektif yang disetiap bagaian di atur atau di intregasikan dari pekerjaan perseorangan.

Tokoh – tokoh dari teori Organisasi Klasik :

1. Henry Fayol (1841-1925)
Fayol membagi manajemen menjadi lima fungsi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pemberian perintah, pengkoordinasian, dan pengawasan. Funsi ini di kenal sebagai fungsionalisme.

Fayol mengemukakan 14 prinsip manajemen:
Devision of work

Adanya spesialisasi dalam pekerjaan, di mana dengan spesialisasi dapat meningkatkan efisiensi kerja. Tujuannya adalah mengasilkan pekerjaan yang lebih banyak dan terbaik dengan usaha yang sama.
Authority and responsibility

Wewenang (authority) yaitu hak untuk member perintah, dan kekuasaan untuk memintah dipatuhi.

Wewenang di bedakan menjadi dua yaitu wewenang personalan wewenang ofisial.

Wewenang personal yang bersumber pada intelegensia, pengalaman nilai normal, kesanggupan untuk memimpin.

Wewenang ofisial merupakan wewenang resmi yang di terima dari wewenang yang berada di atasnya.

Tanggung jawab yaitu tugas dan fungsi yang harus di kerjakan, untuk itu di perlukan wewenang dari pihak di atasnya, dan sanksi agar di patuhi oleh orang yang menerima.
Dicipline melakukan apa yang sudah menjadi persetujuan bersama, sebab tanpa disiplin tidak akan mencapai kemajuan.
Unity of command (satu kesatuan peritah) yaitu setiap bawahan hanya menerima instruksi dari serang atasan untuk menghilangkan kebingungan dan saling lempar tanggung jawab. Bila hal ini di langgar maka wewenang akan berkurang, dan disiplin terancam serta stabilitas akan goyah.
Unity of direction yaitu seluruh kegiatan dalam organisasi yang mempunyai tujuan yang sama harus diarahkan oleh seorang manager.
Subordination of Individual Interest to General Interest yaitu kepentingan seseorang tidak boleh diatas kepentingan bersama atau organisasi.
Renumeration yaitu gaji bagi pegawai merupakan harga servis atau layanan yang diberikan artinya konpesasi harus adil baik bagi karyawan maupun pemilik.
Centralization, Standard and Decentralization merupakan pembagian kekuasaan. Sentralisasi biasa di pakai pada organisasi kecil. Bila utiiki peranan di berikan kepada bawahan lebih besar maka di gunakan desentralisasi (organisasi besar).
Scalar Chain (garis wewenang) yaitu jalan yang harus diikuti oleh semua komunikasi yang bermula dari dan kembali kekuasaan terakhir agar mempermudah komunikasi antar pegawai yang setingkat.
Order,berlaku untuk setiap orang untuk setiap tempat, artinya setiap orang ditempatkan pada posisi yang tepat berdasarkan kemamuan, bakat dan minatnya.

10. Equity (persamaan perlakuan dalam organisasi), untuk merangsang agar pekerja melaksanakan pekerjaan dengan baik, sungguh-sungguh dan penuh kesetiaan.

11. Stability of Tonure of Personal (penyesuain dalam melaksanakan pekerjaan baru). turn over (perputaran) tenaga kerja yang tinggi tidak baik bagi pelaksanaan fungsi-fungsi organisasi.

12. Initiative, bawahan diberi kekuasaan dan kebebasan dalam mengeluarkan pendapatnya, menjalankan, dan menyelesaikan pekerjaannya walaupun ada kesalahan yang mungkin terjadi.

13. Esprit the Corps, persatuan merupakan keleluasaan dan pelaksanaan operasi organisasi perlu memiliki kebanggaan, keharmonisan,dan kesetiaan dari para anggotanya yang tercermin dalam semangat korps.

2. James D.mooney

Mooney mengartikan organisasi sebagai kelompok orang yang terdiri dari atas dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.

Empat unsure yang harus diperhatikan dalam organisasi yaitu:
Koordinasi, terdiri dari unsur kerja yaitu wewenang dari atasan, doktrin, melayani, dan disiplin kerja.
Prinsip scalar
Prinsip fungsional
Prinsip staff

3. Marry Parker Follet (1886-1933)

Follet adalah seorang tokoh antara teori klasik dan teori hubungan manusiawi.

Follet menerapkan psikologi dalam perusahaan dan konflik yang terjadi dalam perusahaan dapat dibuat konstruktif dengan menggunakan integrasi.

4. Charter I. barnard (1886-1961)

Dalam bkunya ‘The function of the Executive (1938)’ mengatakan bahwa organisasi merupakan system kegiatan yang diarahkan pada tujuan yang hendak di capai.Fungsi utama manajemen yaitu perumusan tujuan dan pengadaan sumber daya yang di perlukan untuk mencapai tujuan.

Menurut teorinya’ teori penerimaan’ mengatakan bahwa seorang bawahan akan menerima perintah hanya bila dia memahami dan mampu serta berkeinginan untuk mencapainnya.

Barnard adalah pelopor penggunaa pendekatan system.

A . Teori Birokrasi
Teori ini di munculkan oleh Max Weber. Adapun karakteristik dari teori Birokrasi sebagai berikut :
1. Pembagian kerja atau spesialisasi yang jelas.
2. hierarki wewenang dirumuskan dengan baik.
3. Program rasional untuk mencapai tujuan rasional.
4. Situasi prosedur bagi penanganan situasi kerja.
5. Sistem aturan ( Hak dan kewajiban ).
6. Hubungan antar pribadi interpersonal terpisah.
Model birokrasi menekankan pada struktur organisasi.

B . Teori Administrasi
Tokoh-tokoh dari teori ini adalah Henry Fayol, Lyndall Urwick, Mooney , dan Reiley.
Henry fayol mengemukakan kegiatan Industrial di bagi menjadi 6 :
1. teknikal
2. komersial
3. Finansial
4. Keamanan
5. Akuntansi
6. Manajerial

Teori Administrasi menurut Urwick.
Urwick menekankan pentingnya rasionalitas dan efisiensi tujuan.

Teori Adminitrasi menurut (Mooney dan Reiley) , teori ini dipengaruhi oleh teoti max Weber.Bila Max Weber melihat pada pembagian kerja sebagai faktor utama sedangkan mooney dan Reiley menyebut koordinasi sebagi faktor utama, Adapun 3 prinsip yang ditekan oleh Mooney dan reiley adalah :
1. Koordinasi
2. Skalar (hirarki)
3. Fungsional (pembedaan macam-macam tugas)

C . Teori Manajemen Ilmiah
Teori ini dikembangkan oleh Frederick Winslow Taylor. Teori ini juga dikenal dengan Sciense management (Operation research). Ada 4 Prinsip yang di kembangkan oleh Manajemen Ilmiah adalah :
1.Menggantikan metode kerja berdasarkan ilmu pengetahuan.
2. Mengadakan seleksi, latihan-latihan, pengembangan karyawan secara ilmiah
3.Pengembangan ilmu seleksi, latihan, pengembangan secara terintegrasi.
4. Perlu dikembangkan semangat mental pada karyawan.

Selain itu adapun dasar- dasar dari teori organisasi klasik , yaitu kekuasaan, saling melayani, tujuan organisasi , dan disiplin.


TEORI NEO KLASIK

Anggapan dasar teori neo klasik adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya. Pendekatan neo klasik mencakup uraian sistematis organisasi informal dan pengaruhnya terhadap organisasi formal.

Menurut Huho Munsterberg, psycologic and Industrial efficiency merupakan jembatan penting dalam manajemen ilmiah dan perkembangan lebih lanjut teori neo klasik.Munsterberg menekankan perbedaan-perbedaan karaketristik individual pada organisasi.
Pengikut teori neo klasik adalah mereka yang membahas kelemahan teori klasik pada perilaku organisasi tetapi tidak menentang seluruh teori klasik.

Pembagian kerja dalam teori Neo klasik, sebagai berikut :
- Melibatkan setiap orang dalam pengambilan keputusan
- Perluasan kerja, orang dapat memperluas kemampuan dan keahlianya.
- manajemen Bottom up

TEORI MODERN
Teori organisasi modern memandang semua unsur organisasi menjadi satu kesatuan, dengan menggunakan sistem terbuka, yang mau menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan.Sistem terbuka pada umumnya merupakan transformasi terdiri dari aliran informasi, bahan , dan energi. Ssitem adalah kelompok bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu maksud. Terdiri dari sub sitem :
1. Tujan
2. Manajerial
3. Teknis
4. Psikososial
5. struktural

Teori modern menyebutkan bahwa kerja suatu organisasi adlah sangat kompleks, dinamis, multilevel, multidimensional, multivariabel, probabilistik. Organisasi terdiri dari 3 unsur :
1. Unsur struktur makro
2. Unsur proses makro
3. Unsur perilaku anggota yang bersifat mikro.

Sumber Daftar pustaka : http://saintek.uin-suka.ac.id/file_kuliah/Lecture%203%20-%20Teori%20Organisasi%20Modern.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar